5 Hal Baru yang Hanya Ada di Piala Dunia 2018

judi bola

5 Hal Baru yang Hanya Ada di Piala Dunia 2018

Kurang tiga hari lagi, pembukaan Piala Dunia 2018 akan segera di mulai. Laga perdana akan menyuguhkan Rusia kontra Arab Saudi pada Kamis (14/06/2018) di Luzhiniki Stadium. Ini akan jadi pertandingan besar, pasalnya tuan rumah sudah lama absen dari kompetisi sepak bola dunia tersebut.

Selain itu, di Piala Dunia 2018 akan ada banyak hal baru dan tidak ada di Piala Dunia sebelumnya, ada banyak teknologi baru, aturan baru dan keuntungan yang memberikan tim suntikan semangat. Masih berada di tim unggulan, pertandingan Brasil, Argentina dan Spanyol tetap dinantikan.

Bahkan ada yang tidak terduga, dimana kini Inggris, Prancis dan Portugal masuk kandidat kuat pemenang Piala Dunia. Sudah jelas akan ada banyak sekali hal baru yang menyenangkan, berbahaya dan menguntungkan tim selama gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Ada 5 Hal Baru di Piala Dunia 2018 yang Harus Diketahui Setiap Pemain

1. Penggunaan Video Assisten Referee (VAR)

Banyak pemain yang suka melakukan manuver nakal untuk mendapatkan keuntungan dari wasit, hal ini sekarang sudah tidak bisa lagi. Pasalnya Piala Dunia 2018 sudah menggunakan tekologi VAR, ini merupakan video yang bisa menangkap keseluruhan momen di Piala Dunia, bahkan dijadikan acuhan untuk wasit dalam menentukan siapa korban dan siapa yang memulai kenakalan tersebut.

VAR memang baru pertama kali digunakan di Piala Dunia, meskipun sempat menuai pro dan kontra. Namun nyatanya ini berjalan bagi di Liga Jerman dan Liga Italia yang sudah menerapkan VAR terlebih dahulu. Ini akan memberikan wasit keputusan yang tepat, apakah terjadi pelanggaran, menetapkan gol dan memberikan penalti agar tidak ada gugatan.

2. Menghilangkan Rasisme

Sudah bukan rahasia lagi, jika banyak pemain yang suka memaki pemain lainnya hanya karena rasisme atau perbedaan warna kulit. Hal ini banyak dialami pemain berwarna kulit gelap, bahkan ini membuat bek timnas Inggris tidak memberikan izin keluarga untuk datang ke Rusia. Danny Rose, sadar jika rasis di Rusia sedang meningkat dan tidak ingin membahayakan keluarganya.

Bahkan hal ini menarik perhatian FIFA, sehingga mendatangkan pengamat untuk mengatasi diskrimaninasi tersebut, bahkan tidak segan memberikan hukuman berat pada pemain yang melakukan tindakan rasis di lapangan.

3. Pergantian Pemain Empat Kali

Ini akan jadi terobosan menarik untuk semua pelatih, pasalnya jika sebelumnya hanya boleh mengganti pemain sebanyak tiga kali, kini aturan baru Piala Dunia 2018 memperbolehkan berganti pemain sebanyak empat kali.

Tetapi, pergantian pemain keempat hanya bisa dilakukan jika kedua tim memasuki masa injury time (perpanjangan waktu), dengan menitik beratkan kondisi pemain sebagai pertimbangan utama penggantian tersebut. Aturan ini disambut positif oleh pemain.

4. Harga Tiket Piala Dunia Naik

Sudah pasti setiap gelaran Piala Dunia, akan menarik penonton dari seluruh dunia. Hal ini memang tidak bisa diabaikan begitu saja, namun harga tiket yang lebih mahal bisa menjadi pertimbangan penonton terlihat memilih beberapa pertandingan saja, bukan menonton semuanya dalam sebulan lebih laga berlangsung di Rusia.

Pasalnya harga tiket antara 85 uero hingga 892 euro, ini bergantung dari pertandingan dan kelas penonton yang tersedir. Ini jauh lebih tinggi dari Piala Dunia 2014 yang hanya berada di kisaran 69 hingga 730 euro.

Alih-alih akan protes, tiket Piala Dunia 2018 sudah terjual hingga 700 ribu lembar, bahkan sudah ada pemesanan tiket untuk babak final yang baru berlangsung satu bulan mendatang. Bahkan penonton belum tahu, siapa yang akan bermain di akhir kompetisi nantinya, ini membuktikan antusias Piala Dunia di Rusia tidak pernah padam.

5. Kenaikan Hadiah Pemenang

Sudah pasti, adanya kenaikan harga tiket memberikan keuntungan untuk pemenang. Pemenang trofi emas Piala Dunia akan mendapatkan hadiah 30,6 juta euro atau sekitar 460 milyar. Sedangkan runner-up akan mendapatkan 22,5 juta euro.

Bukan hanya itu saja, bagi tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar, itu artinya lolos dari fase grup sudah berhak mendapatkan 8,5 juta euro. Jika melihat keseluruhan hadiah yang dikeluarkan untuk pemenang Piala Dunia 2018, ini mengalami peningkatan 12 persen dari Piala Dunia 2014 lalu.

Memang ada banyak hal yang menguntungkan tim dan pemain itu sendiri, namun penggunaan VAR menjadi hal yang cukup mengancam. Pasalnya sudah ada pemain yang mendapatkan kartu merah karena mencoba berbuat curang namun tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh wasit, VAR akan diputar di hadapan pemain, wasit dan pelatih untuk menentukan hukuman dan hadiahnya.