Hasil Final Piala Dunia 2018 : Diwarnai Hujan Gol, Prancis Sukses Raih Gelar Juara Piala Dunia 2018

judi bola

Hasil Final Piala Dunia 2018 : Diwarnai Hujan Gol, Prancis Sukses Raih Gelar Juara Piala Dunia 2018

Prancis akhirnya sukses meraih gelar juara dunia kedua mereka setelah mengakhiri drama enam gol atas Kroasia dengan skor 4-2. Gol Les Bleus dicetak oleh gol bunuh diri Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Paul Pogba , dan Kylian Mbappe, sedangkan gol-gol Kroasia dicetak Ivan Perisic dan Mario Mandzukic. Dengan hasil ini, Prancis berhak memakai logo dua bintang di jersey mereka menandakan kedua kalinya mereka meraih gelar juara.

Kroasia sebenarnya tampil menyerang sejak awal laga, namun rapatnya pertahanan Prancis membuat mereka tidak kunjung membuka skor. Prancis yang cenderung bertahan justru berhasil mencetak gol terlebih dahulu. Melalui situasi tendangan bebas pada menit ke-18, umpan Griezmann salah diantisipasi oleh Mandzukic hingga bola meluncur ke gawangnya sendiri. Gol bunuh diri Mandzukic ini sekaligus menjadi gol bunuh diri pertama di final Piala Dunia.

Tak butuh waktu lama bagi Kroasia, 10 menit kemudian Ivan Perisic menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Berawal tadi tendangan bebas Modric, Mandzukic dan Vida yang berhasil memenangkan duel udara, berakhir di kaki Perisic, dan dengan tendangan keras kaki kirinya bola masuk ke gawang Hugo Lloris. Ini menjadi keterlibatan Perisic dalam 10 gol bersama Kroasia di turnamen resmi (6 gol dan 4 assist), menyamai legenda Kroasia, Davor Suker.

Di menit ke-38, wasit melihat VAR ke pinggir lapangan dan memberikan Prancis hadiah penalti atas Handsball Ivan Perisic di kotak penalti. Griezmann yang menjadi algojo menendang ke sisi kanan gawang Kroasia dan Subasic salah membaca tendangan. Dengan gol ini, Griezmann tercatat sebagai pemain paling banyak terlibat gol selama Piala Dunia dengan rincian 4 gol dan 3 assist bersama Eden Hazard.

Babak kedua berjalan, kedua tim sama-sama melancarkan serangan. Tetapi keberuntungan masih berpihak pada Prancis. Skor menjadi 3-1 usai tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti dari Paul Pogba tak mampu dijangkau Subasic. Dirinya tercatat sebagai pemain Manchester United pertama kalinya yang mencetak gol di Final Piala Dunia.

Tak berselang lama, Mbappe semakin menjauhkan keunggulan Prancis menjadi 4-1 setelah di menit ke 65 mencetak gol dari luar kotak penalti. Gol ini membuat Mbappe sebagai pemain termuda kedua yang mencetak gol di Final Piala Dunia setelah Pele.

Harapan sebenarnya masih ada ketika Mandzukic mencetak gol berkat blunder Hugo Lloris di menit ke-69. Lloris yang berniat menggocek bola justru berhasil diintersep oleh Mandzukic dan bola masuk ke gawang. Mandzukic pun menjadi pemain kelima yang berhasil mencetak gol di final Piala Dunia dan Champions League.

Kesuksesan ini menyamai prestasi Prancis di tahun 1998 yang menjadi juara dunia, sedangkan meskipun gagal menjadi juara, Kroasia tetap patut mendapat apresisasi karena perjuangannya sepanjang Piala Dunia 2018.