Jelang Asian Para Games 2018, INAPGOC Lakukan General Training Volunteer

judi bola

Jelang Asian Para Games 2018, INAPGOC Lakukan General Training Volunteer

Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) sebagai Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 tengah menggelar general training atau sebuah pelatihan umum yang diberikan secara khusus untuk semua volunteer atau sukarelawan yang terlibat.

Acara ini bertujuan untuk menyemarakkan pesta olahraga terbesar di Asia khusus penyandang disabilitas yang akan berlangsung pada tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018 nanti.

Pelatihan ini dilakukan sejak tanggal 17 hingga 20 September 2018 yang melibatkan hampir 7.500 sukarelawan dari kalangan yang berbeda dan diberikan suatu pengarahan dalam kegiatan itu.

“Jika dianalisa tentunya latar belakang dari segi pendidikan mereka adalah SMA/K dan kami menekankan bahwa syarat wajibnya adalah harus menempuh jenjang perkuliahan untuk bergabung sebagai sukarelawan,” tutur Rezza D. Brammadita sebagai Wakil Direktur 2 Legal – HR & Volunteer INAPGOC di Universitas Nasional | Jakarta pada hari Senin (17/9/2018) lalu.

“Sebagian besar lainnya berasal dari kalangan mahasiswa umum, sedangkan terdapat pihak professional hingga senior yang usianya telah mencapai 40 hingga 50 tahun yang ikut serta sebagai sukarelawan,” tambahnya.

Volunteer yang dilibatkan tidak sekedar dari kalangan aktivis, tenaga professional dan mahasiswa saja namun juga para difabel berhak untuk bergabung demi menyukseskan pelaksanaan Asian Para Games 2018 mendatang.

Selain itu, kegiatan ini juga telah menjelaskan 4 materi yang diarahkan untuk semua volunteer yang bergabung.

“Materi yang kami berikan sangat singkat yang terdiri dari memahami arti effective communication, interpersonal skill dan etiquette. Ketiga dasar ini merupakan sebuah tolok ukur untuk bisa menjadi seorang volunteer dalam Asian Para Games 2018. Namun, kami juga menambahkan materi lainnya yakni cara mudah berkomunikasi dengan beberapa difabel yang akan meramaikan acara ini,” ucap Rezza.

Materi tambahan tersebut menjadi sebuah perbedaan antara Asian Para Games 2018 dengan pelatihan untuk volunteer Asian Para Games 2018.

Bagaimana tidak, sekitar 7.500 sukarelawan yang bergabung rupanya sempat dilibatkan dalam pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dengan status yang sama.

Asian Para Games 2018 merupakan pelaksanaan yang ketiga di Asia. Sebab, pesta olahraga khusus penyandang disabilitas se-Asia ini pertama kali digelar pada tahun 2010 di Guangzhou | China, sementara Asian Para Games yang kedua berlangsung di Incheon | Korea Selatan pada tahun 2014 yang sistemnya serupa dengan Asian Games yang berlangsung 4 tahun sekali.