Kecewa Piala Dunia 2018, Mesut Ozil Pilih Pensiun dari Timnas Jerman

judi bola

Kecewa Piala Dunia 2018, Mesut Ozil Pilih Pensiun dari Timnas Jerman

Keputusan mengejutkan datang dari Mesut Ozil yang memilih pensiun dini dari Tim Nasional Jerman. Melalui akun resmi instagramnya, Ozil menuliskan tiga surat terbuka mengenai apa yang terjadi padanya. Ozil sendiri memang menjadi salah satu kambing hitam suporter Jerman atas kegagalan di Piala Dunia 2018 lalu.

Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, Ozil memang sudah menjadi banyak sorotan lantaran beredar fotonya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Foto tersebut dinilai sarat akan politik mengingat Turki memang saat itu tengah dalam masa pemilihan umum. Selain itu, hubungan negara Jerman dan Turki saat itu memang sedikit bergejolak. Ozil pun memilih diam dan belum menjelaskan mengapa ia berfoto dengan Presiden Turki tersebut hingga kemarin merupakan waktu yang tepat untuk menjelaskan semuanya. Ozil menilai pertemuan tersebut tidak ada unsur politik sama sekali, seperti apa yang sudah diberitakan media Jerman. Ia dan rekannya Ilkay Gundogan yang memang memiliki garis keturunan Turki hanya menghormati leluhurnya berasal.

“ Pekerjaanku adalah sebagai pesepakbola, bukan politikus. Dan faktanya, ketika kami bertemu kami selalu membicarakan hal yang sama (sepakbola) karena masa muda beliau adalah pesepakbola.” jelas Ozil. Ozil juga berpendapat bahwa bila presiden Erdogan pun tidak terpilih, ia akan tetap memilih mengabadikan foto bersamanya.

Kekecewaan Ozil bertambah dengan sikap federasi sepakbola Jerman yang sama seperti media-media Jerman. Ozil menilai DFB tidak bisa menghormati garis keturunannya yang memang berasal dari Turki, seperti sikap rasisme dan propaganda politik. “Rasisme seharusnya tidak pernah ada dan sampai kapan pun tidak akan pernah bisa diterima.” ungkap Ozil.

Dengan berat hati pun, Ozil juga mengungkapkan dirinya berhenti dari Timnas Jerman. Gelandang milik Arsenal ini sudah tidak memiliki kebanggan ketika mengenakan Jersey Jerman, padahal ia dulu merasa bersemangat. “Saya dulu selalu memakai jersey Timnas Jerman dengan kebanggaan dan kegembiraan, namun sekarang saya tidak merasakan hal itu. Keputusan ini sangat sulit karena saya selalu memberikan yang terbaik untuk rekan setim, staf pelatih, dan orang-orang yang mendukung saya,” tutupnya.

Selama membela Timnas Jerman, Ozil telah mencatatkan 92 penampilan dengan 23 gol dan 33 assist. Ozil juga terpilih sebagai DFB Player of the Year sebanyak lima kali dan menjadi bagian ketika Jerman memenangi Piala Dunia 2010.