Kemensos Yakini Asian Para Games 2018 Sangat Ramah untuk Para Difabel

judi bola

Kemensos Yakini Asian Para Games 2018 Sangat Ramah untuk Para Difabel

Kementerian Sosial tengah konsentrasi untuk mengawasi pelaksanaan jelang Asian Para Games 2018 supaya berlangsung dengan aman, nyaman serta ramah untuk para difabel. Bagaimana tidak, Kemensos akan melakukan koordinasi bersama Kemenpora, Kemenkominfo, Kemenko PMK, organisasi atau komunitas difabel hingga Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 atau INAPGOC untuk masalah ini.

“Kemensos telah menyediakan beberapa fasilitas untuk ribuan penonton difabel yang bergabung melalui sebuah organisasi atau komunitas,” tutur Hartono Laras sebagai Sekretaris Jenderal Kemensos pasca Parade Momo yang merupakan Maskot Resmi untuk Asian Para Games 2018 di Monumen Nasional (Monas) | Jakarta Pusat pada hari Minggu (23/9/2018).

“Mereka sudah terdaftar dan kami harus memastikan jika satu sama lain telah memiliki tiket, kursi hingga pendamping selama menyaksikan berbagai macam pertandingan secara langsung dalam pelaksanaan Asian Para Games 2018 mendatang,” tambahnya.

Hartono Laras mengatakan bahwa Asian Para Games 2018 merupakan momentum yang sangat bersejarah untuk bangsa Indonesia. Tak heran, pihak pemerintah harus berkontribusi secara maksimal dan signifikan supaya pelaksanaan pesta olahraga terbesar se-Asia khusus penyandang disabilitas ini dapat berjalan sukses selama sepekan.

“Contohnya adalah help desk dan diharapkan selalu tersedia di setiap titik sebagai venue pertandingan supaya bisa memudahkan para difabel untuk menyampaikan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan Asian Para Games 2018. Lalu, kami menyediakan toilet khusus difabel yang memiliki pintu lebih lebar yang cukup sebagai manuver bagi para pengguna kursi roda agar lebih nyaman saat memakainya,” ujar Hartono Laras.

Parade Momo yang berlangsung pada hari Minggu (23/9/2018) tidak sekedar melibatkan Kemensos namun juga melibatkan Anies Baswedan sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta, serta Raja Sapta Oktohari sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 yang berkumpul untuk memeriahkan acara itu.

Tak hanya itu, Parade Momo dilaksanakan rupanya bertujuan untuk mengajak sekaligus mengingatkan semua kalangan masyarakat bahwa pelaksanaan Asian Para Games 2018 akan segera berlangsung mulai tanggal 6 hingga 13 Oktober 2018 di Kota Jakarta.

Parade Momo juga menghadirkan balon berukuran raksasa berbentuk Momo yang diibawa secara keliling di sekitar kawasan CFD (Car Free Day) yang dimulai dari Monumen Nasional (Monas) hingga Jalan Merdeka Selatan yang kembali ke lokasi awal pelaksanaannya.