Nasib Sial Mesut Ozil yang Menjadi Kambing Hitam Para Fans Jerman

judi bola

Nasib Sial Mesut Ozil yang Menjadi Kambing Hitam Para Fans Jerman

Juara bertahan, Jerman memang gagal total dalam Piala Dunia 2018 kali ini. Tergabung bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan, Der Panzer malah finish sebagai juru kunci grup. Apalagi di laga terakhir mereka kalah 0-2 dari Korea Selatan. Padahal mereka hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar. Kegagalan ini membuat fans Jerman geram dengan para pemainnya. Yang paling mendapat kritikan adalah gelandang milik Arsenal, Mesut Ozil.

Sebenarnya Mesut Ozil sudah mendapat ejekan dari sebagian besar suporter Jerman saat dirinya berfoto bersama Presiden Turki bersama rekannya Ilkay Gundogan. Hal ini disinyalir membuat Ozil tidak fokus untuk berlaga di Piala Dunia 2018.

Dalam tiga laga fase grup, Ozil tampil dalam dua pertandingan dan di dua laga tersebut Jerman mengalami kekalahan. Permainan Ozil pun dianggap tidak seperti biasanya bahkan ada yang menyebut dirinya ‘malas’ diatas lapangan. Padahal permainan Ozil tidak seburuk itu dengan menciptakan tujuh peluang dari situasi open play.

Puncaknya yaitu usai mereka kalah melawan Korea Selatan. Ozil terlibat adu mulut dengan fans Jerman saat ia hendak meninggalkan lapangan. Ozil yang tak terima dengan hujatan fans Jerman sampai harus ditenangkan oleh staff pelatih Jerman agar tidak terjadi hal yang lebih besar.

Tak hanya suporter, legenda Jerman, Lothar Matthaus juga mengungkapkan hal yang sama. Ia menilai Ozil tidak memiliki semangat, gairah, dan kebanggan saat mengenakan jersey tim nasional Jerman. Bahkan ia menilai seharusnya Ozil mengundurkan diri dari timnas Jerman seusai Piala Dunia 2018.

Meski begitu dukungan tetap hadir oleh ayah Ozil, Mustafa dan juga mantan pelatihnya di Arsenal, Arsene Wenger. Ayah Ozil menganggap anaknya tidak seharusnya mendapat hujatan sebelum Piala Dunia dimulai, dan tidak juga menganggap anaknya pemain yang ‘malas’ ketika membela Jerman, karena menurutnya sembilan tahun serta satu gelar juara dunia sudah dapat menjelaskan bagaimana semangat Ozil. Dilain sisi, Wenger menilai performa buruk yang ditampilkannya ada faktor teknis. Wenger berujar bahwa permainan Ozil sedikit berhati-hati dan tidak diberi kebebasan.