Premier League Terapkan Peraturan Baru untuk Manajer Mulai Musim Depan

judi bola

Premier League Terapkan Peraturan Baru untuk Manajer Mulai Musim Depan

Sebagai salah satu liga terbaik di dunia, dengan diisi oleh pemain dan pelatih berkualitas, Premier League terus berusaha memperbaiki kualitas dengan sejumlah peraturan yang baru. Untuk musim 2018-2019 mendatang, FA selaku federasi tertinggi sepakbola Inggris memperkenalkan peraturan terbaru khusus untuk para manajer di pinggir lapangan. Sama seperti pemain, para manajer juga dapat menerima kartu kuning bahkan kartu merah.

Hal tersebut tentu tidak mengenakkan bagi pelatih seperti Jose Mourinho yang tak jarang protes pada wasit, atau Pep dan Klopp yang terkadang bereaksi cukup aktif di pinggir lapangan. Karena tindakan-tindakan seperti itu dapat membuahkan kartu untuk mereka mulai musim depan. Menurut FA, hal ini diterapkan untuk menjaga kontak verbal maupun fisik yang terjadi pada setiap pengadil lapangan. Selain itu, hal ini juga menambah drama dalam setiap laga, khususnya di Big Match. Sistem ini juga tidak hanya berlaku di kompetisi Premier League saja, melainkan sampai tiga divisi dibawah Premier League, serta Piala FA dan Piala Liga.

Kartu kuning bisa saja diberikan wasit andai manajer tersebut bertindak seperti menendang botol minuman, melakukan tepuk tangan menyindir wasit atau tindakan lainnya yang berusaha mempengaruhi wasit. Sedangkan kartu merah diberikan andai tindakan tersebut lebih besar seperti protes berlebihan, melakukan tindakan kekerasan, hingga menghalangi pertandingan sehingga menjadi tertunda. Tak hanya itu, andai para staff manajer tersebut yang berada di bench melakukan hal yang serupa, bisa dikenakan hukuman kartu pula.

Sistem kartu ini akan sama seperti pemain yaitu berlaku akumulasi. Jika manajer sudah memperoleh empat kartu kuning tidak boleh mendampingi pemainnya dalam satu pertandingan, jika delapan kartu kuning berarti dua pertandingan, dan berlaku akumulasinya. Denda berupa uang juga disiapkan FA andai para manajer tak kapok melakukan aksinya.

Chief Executive FA, Shaun Harvey pun membenarkan tentang peraturan terbaru ini. Ia menjelaskan, “Kami pun berharap (peraturan) ini bisa mengubah perilaku dari pelatih sepak bola ke arah lebih baik. Kami memilih untuk memulainya dan semoga hal ini bisa diikuti oleh banyak orang di masa mendatang.”